Minggu, 29 April 2012

Pengendalian Intern



Share


Menurut Krismiaji (2002 : 215), pengendalian (control) adalah proses mempengaruhi atau mengarahkan aktivitas sebuah obyek, organisasi, atau sistem. Salah satu tujuan sebuah SIA adalah membantu manajemen dalam mengendalikan sebuah organisasi. Tujuan pengendalian adalah untuk mencegah timbulnya kerugian bagi sebuah organisasi, yag timbul antara lain karena sebab-sebab berikut :
)      Penggunaan sumber daya yang tidak efisien dan boros
b)      Keputusan manajemen yang tidak baik
c)      Kesalahan yang tidak disengaja dalam pencatatan dan pemrosesan data
d)     Kehilangan atau kerusakan catatan secara tidak disengaja

e)      Kehilangan aktiva karena kecerobohan karyawan
f)       Tida ditaatinya kebijakan manajemen dan peraturan lainnya oleh para karyawan
g)      Perubahan secara tidak sah terhadap SIA atau komponen-komponennya
Sedangkan pengendalian intern adalah rencana organisasi dan metoda yang digunakan untuk menjaga atau melindungi aktiva, menghasilkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya, memperbaiki efisiensi, dan untuk mendorong ditaatinya kebijakan manajemen (Krismiaji, 2002 : 218).
Pengendalian intern adalah perencanaan yang meliputi struktur organisasi dan semua metode dan alat-alat yang dikoordinasikan yang digunakan di dalam perusahaan dengan tujuan untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi, mendorong efisiensi, dan membantu mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen yang telah ditetapkan.
Selain itu sistem pengendalian intern menurut Mulyadi (2001 : 164) dapat dibagi menjadi dua macam yaitu pengendalian intern akuntansi (internal accounting control) dan pengendalian intern administrative (internal administrative control)
a)    Pengendalian intern akuntansi (internal accounting control)
Pengendalian intern akuntansi yang merupakan bagian dari sistem pengendalian intern meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan terutama untuk menjaga kekayaan organisasi dan mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi.
Pengendalian intern akuntansi yang baik akan menjamin keamanan kekayaan para investor dan kreditur yang ditanamkan dalam perusahaan dan akan menghasilkan laporan keuangan yang dapat dipercaya.
b)   Pengendalian intern administratif (internal administrative control)
Pengendalian intern admistratif meliputi struktur organisasi, metode, dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan terutama untuk mendorong efisiensi dan dipatuhinya kebijakan manajemen.


0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online