Sabtu, 05 November 2011

Jangan Terima Calon Suami Seperti Ini



Share

Konsep Keliru
Seperti apa sih suami ideal? tidak diragukan lagi bahwa pria atau wanita muslim kurang memahami apa yang dimaksud dengan suami ideal. Bagaimana tidak. Buktinya pria muslim akan memilih wanita muslim yang memiliki karir cemerlang misalnya dokter, insinyur atau ekonom. Sebaliknya wanita muslim pun cendrung bangga bersuamikan dokter. Jarang sekali pria maupun wanita muslim menentukan karakter, perilaku serta pemahaman agama yang harus diketahui oleh pria muslim agar menjadi suami ideal.

Banyak diantara kita berpikir bahwa suami muslim yang ideal identik dengan wajahnya yang ganteng, berasal dari keluarga baik-baik, dan mempunyai pekerjaan yang dapat menghasilkan uang banyak. Padahal mash banyak aspek lagi yang harus dilihat di dalam kriteria seorang calon suami.

Pemarah
Inilah salah satu sifat suami yang menjadi penyebab utama keretakan dan kesengsaraan dalam rumah tangga muslim, Biasanya sipat pemarah ini diikuti dengan prilaku kasar yang menimbulka kekerasan dalam rumah tangga dan yang menjadi korbannya adalah anak dan istri. Karena mereka sering disiksa lahir dan batin. laki-laki pemarah dan kasar ini umumnya berasal dari keluarga yang mendidik anak-anaknya dengan kekerasan, sehingga kelak menjadi dewasa, mereka berpikir bahwa kekerasan bisa menjadi salah satu cara untuk mendidik anak dan istrinya.

Egois
Ini bukan sipat suami islami. ini pula satu masalah besar dalam rumah tangga muslim yaitu suami yang tidak mampu menerima pendapat istri, dan memaksakan berlakunya pendapat dirinya sediri.

Tidak suka membantu
sudah bukan rahasia lagi banyak suami yang tidak bisa diminta bantuannya untuk melakukan pekerjaan di rumah apalagi mengurus anak-anak. Ini memang kelemahan sejumlah suami. Seorang suami tidak bisa dikatakan sebagai suami ideal bila menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab mengus anak-anak kepada istrinya. Hati - hatilah mendidik anak- anak laki-laki agar kelak jangan beranggapan bahwa mereka tidak perlu membantu mengerjakan pekerjaan di rumah. Maka mulai sekarang didik anak-aak laki-laki anda untuk membantu ibunya, misalnya menyapu, mengepel, mencuci, atau sesekali diminta berbelanja ke pasar.

Contoh suami ideal
dalam islam siapa lagi yang layak dijadikan contoh sebagai suami atau ayah ideal kalau bukan Rosulullah SAW...

(Diambil dari majalah Alia 2006, oleh Ratih Sayidun)

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online